MUTASI

Posted in Media by ruhamaben

Kriteria Kadis Diperketat

Pemkot Tangsel, Masih menunda pelaksaan mutasi dan rotasi pegawai. Isu beredar akan dilakukan pekan ini. Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie mengakui bahwa mutasi tersebut penting adanya. Namun, sejauh ini wacana itu masih belum dibahas lebih dalam.

“Belum (mutasi,red) lah, kita masih banyak pertimbangan,” katanya saat ditemui di Bintaro Sektor 7, Rabu (28/1). Disinggung mengenai kriteria pejabat yang pantas menduduki kursi kepala dinas (Kadis) dan jajaran lain, Bang Ben menerangkan, akan melakukan penajaman kriteria.

Hal ini, akan dilakukan mengingat tujuan dari pelaksanaan mutasi dan rotasi jabatan tersebut dilakukan dalam rangka pembenahan struktur keorganisasian dan kinerja dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kota Tamgsel. “Karena, tujuan akhir dari mutasi ini, kita ingin mendapatkan tenaga sumber daya manusia yang handal,”terangnya.

Maka dari itu, lanjut Bang Ben, sapaan akrab Benyamin Davnie, sumber daya manusia (SDM) yang saat ini ada di Kota Tangsel akan di beri kriteria lebih tajam dalam penggodokan ketika akan di beri jabatan lain. “Bukan saja akan mempertajam kriteria Organisasinya,” jelasnya.

Mempertajam kriteria keorganisasian tersebut, lanjutnya, karena pada dasarnya ketika seorang pegawai sudah ditetapkan sebagai kepala SKPD yang dilakukan bukan lagi teknis. Melainkan, bagaimana pejabat tesebut itu bisa memenej organisasi dengan lebih baik. Sehingga, kebijakan atau visi yang dibangun bisa sesuai dengan yang diinginkan.

Selain itu, sambung Bang Ben, ketika sudah dilakukan mutasi, pejabat tersebut harus benar-benar memiliki kapasitas yang mumpuni. Dan tentunya, bisa melaksanakan tugas dengan baik. “Kalau untuk pelaksanaan mutasinya, belum ada,” katanya mengulang pembicaraannya dari awal.

Sebelumnya, pengamat pemerintah Universitas Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, (Syahid) Ciputat, Djaka Badranaya mengatakan bahwa, mutasi pejabat dalam pemerintahan daerah penting dilakukan. Lantaran, kepemimpinan yang baik memiliki visi misi yang nyata. Dan, di dalam pemerintahan daerah visi misi itu, diejawantahkan dalam kerja nyata Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Apabila untuk Kota Tangsel sebagai daerah yang baru dan baru memiliki pemimpin devintif, mutasi dengan landasan kinerja dari aparat pemerintahan yang ada, sudah harus dilaksanakan. Alasannya, permasalahan Kota Tangsel sangat komplek, sebagai sebuah kota yang baru. Yakni, infrastruktur jalan yang masih banyak yang rusak, membuat kebijakan biaya pendidikan dan kesehatan murah dan peningkatan pelayanan publik. Yang tak kalah pentingnya, penataan kota yang harus terintegrasi dengan kawasan perumahan elite yang lebih dahulu ada.

Kata Djaka Badranaya, dibutuhkan seorang pejabat yang mau bekerja keras dan memiliki komitmen kuat menyelesaikan masalah-masalah krusial Kota Tangsel. Dengan APBD 2012 sebesar Rp 1,4 triliun, dibutuhkan pejabat yang mampu mengefektifkan anggaran itu tepat sasaran.

Pemkot tentunya memiliki parameter pencapaian kinerja. Kalau selama ini, kinerja dari perangkat daerah kurang optimal maka penting dimutasi itu,” katanya, kepada Tangsel Ekspres, Senin (16/1).

Djaka mengatakan, indikator –indikator tersebut adalah yang berkaitan dengan target pencapaian dari visi misi walikota Tangsel. Lalu, indikator tersebut diakumulasikan pada hasil kerja yang dilakukan pejabat di SKPD pada 2011.

“Misalnya, tentang kesehatan. Hingga setengah tahun kepemimpinan, berapa jumlah warga kekurangan gizi yang turun. Jika, dari target tersebut belum turun, maka bisa di cari apa masalahnya,” katanya.

Lalu, apabila setelah dilakukan kesimpulan masalahnya, maka, tidak menutup kemungkinan ketidak tercapaian target tersebut adalah karena kurang piawainya dari pelaksana kinerja pemerintahan. “Dari situlah, mutasi penting dilakukan karena kinerja yang belum mencapai target tesebut,” terangnya.

Namun demikian, Wakil Ketua DPRD Kota Tangsel Ruhamaben menyangsikan, apakah dalam ritual mutasi atau rotasi jabatan tersebut ada landasan kinerja atau tidak. Dalam hal ini, para meter pengangkatan seorang pejabat apakah dilakukan dengan landasan kinerja. (Tangerang Ekspres, JUMAT 20 Januari 2012)

Leave a Reply

Selamat Datang


Website ini berisi informasi tentang profil dan kegiatan Ruhamaben, yang akrab biasa dipanggil Bang Rama. Salah seorang wakil rakyat yang berupaya memperjuangkan Anggaran Tangerang Selatan dan PRO RAKYAT. Menampung aspirasi, masukan dan saran warga Tangerang Selatan. Seperti mottonya Matang "Majukan Tangsel" dan Sehat "Sejahterakan Rakyat". Akhir kata, semoga website ini bisa lebih banyak bermanfaat bagi orang banyak

Agenda Kegiatan

Maaf, agenda kegiatan tidak ada